1000 Contoh Surat Pemberitahuan Dalam Bahasa Inggris

Diposting pada

1000 Contoh Surat Pemberitahuan Dalam Bahasa Inggris

www.sekolahbahasainggris.com-Surat pemberitahuan dalam bahasa inggris sering digunakan dalam institusi resmi maupun perusahaan yang berisikan tentang pemberitahuan yang ditujukan pada seseorang dalam instansi tersebut.

1000 Contoh Surat Pemberitahuan Dalam Bahasa Inggris
1000 Contoh Surat Pemberitahuan Dalam Bahasa Inggris

Salah satu contoh penggunaan surat pemberitahuan ialah apabila kita ingin melakukan pengunduran diri dari perusahaan international maupun perusahaan asing tempat kita bekerja. Surat pemberitahuan pengunduran diri adalah surat dimana si penulis surat merupakan karyawan yang mengundurkan diri dari pekerjaannya karena beragam alasan.Baik dikaeranakan sang karyawan bosan dengan pekerjaaan nya, tidak cocok dengan pekerjaannya, maupun mendapatkan pekerjaan di tempat lain.

  • Bagian-Bagian Surat Pemberitahuan Yang Berupa Surat Pengunduran Diri

Surat pemberitahuan dapat dibagi menjadi 3 bagian penting yaitu pendahuluan, isi surat dan penutup penutup surat. Lebih lengkapnya lagi dapat dilihat dibawah ini:

-Pendahuluan

Pendahuluan letaknya berada di awal paragrap dalam surat yang kita tulis. Bagian pendahuluan berisikan rasa terimakasih kepada instansi maupun perusahaan tempat kita bekerja. Lalu selanjutnya berisiskan kesan yang ditujukan untuk perusahaan atau instansi yang akan kita tinggalkan.

-Isi

Bagian isi letaknya setelah pendahuluan yang kita buat.Kita dapat menuliskan tentang alasan mengapa kita keluar dari perusahaan tersebut.

-Penutup

Bagian penutup berada di akhir paragraf, kita bisa memberikan pesan apa saja kepada rekan ataupun atasan kita yang bekerja di perusahaan tersebut.

  • Syarat Pembuatan Surat Pemberitahuan

Dalam membuata surat pemberitahuan diperlukan kecakapan dalam menulis surat berbahasa Inggris. Sehingga ketika menulis surat pemberitahuan pengunduran diri dalam bahasa inggris kita dapat menggunakan kata-kata yang baik dan benar, selain itu kita dituntut unntuk dapat menggunakan bahasa resmi yang lugas dan sopan.

Sehingga Surat yang kita buat mengandung kesan positif bagi perusahaan yang ditinggalkan. Hal ini menunjukkan bagaimanakah norma kita dalam dunia kerja sehingga tidak ada pihak dalam perusahaan yang merasa tersinggung atas keputusan kita saat mengundurkan diri.

  • Hal-Hal Yang Perlu Kita Perhatikan Saat Menulis Surat Pemberitahuan :

-Singkat,padat dan jelas.

-Menggunakan bahasa yang resmi dan sopan.

-Sebutkan alasan pengunduran diri.

-Tuliskan ucapan terimakasih serta pujian secukupnya kepada perusahaan.

  • Contoh Surat Pemberitahuan In English 

Berikut ini adalah contoh surat pemberitahuan in English untuk melakukan pengunduran diri :

Dear Mr. Sutrisno

Manager of HRD

Jakarta Teknologi, Ltd

With this letter, I will say thank you very much for all things I have ever had from this company which is improving both my knowledge and skills. The challenge on working in this company is grateful and awesome.

I have been extremely satisfied working with PT. Jakarta Teknologi, Ltd, I thank you for all your support and encouragement during these past two years.

But I will say so sorry to inform you too that with this letter I express that I will resign from this company. I have accepted in the public state of the social department. This is one of the my dream to working on there. So tomorrow will be my last working day at PT. Jakarta Teknologi, Ltd.

This is not a goodbye letter, this only a “see you later” message from my heart. Please keep in touch.

Sincerely Yours,

Budi Haryawan

Terjemahan Surat Pemberitahuan

Kepada Yth,

Bapak Sutrisno

Manager HRD

Jakarta Teknologi, Ltd

Bersama surat ini, saya ingin mengucapkan terimakasih banyak atas semua hal yang saya dapatkan di perusahaan ini yakni hal yang meningkatkan pengetahuan dan keahlian saya. Tantangan dalam bekerja di perusahaan ini sangatalah menakjubkan.

Saya sangat puas bekerja pada PT.Jakarta Teknologi, Ltd, saya ucapkan terimakasih atas semua support dan dukungan dalam dua tahun terakhir ini.

Tetapi saya juga ingin mengucapkan permintamaafan dengan surat ini bahawa saya mengundurkan diri dari perusahaan ini. Saya telah diterima dalam Dinas Sosial. Ini adalah salah satu dari mimpi saya yakni dapat bekerja di instansi tersebut. Jadi besok adalah hari terakhir saya bekerja di PT. Jakarta Teknologi, Ltd.

Surat ini bukanlah surat selamat tinggal saya, akan tetapi saya berharap dapat bertemu kembali pada kesempatan yang akan datang. Semoga tetap bersilahturahmi.

Hormat saya,

Budi Haryawan

Semoga Bermanfaat Para Pembaca SBI!!!

Artikel Selanjutnya:

1000 Contoh CV Professional Dalam Bahasa Inggris

2000 Contoh Cover Letter+Tips Cara Penulisannya