Contoh Lesson Plan Atau RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013

Diposting pada

Contoh Lesson Plan Atau RPP Bahasa Inggris Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                 : SMP Negeri 1 Kalirejo
Mata Pelajaran    : Bahasa Inggris
Materi Pokok    : Cara memperkenalkan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Alokasi Waktu     : 4 × 45

A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah

B. Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa inggris sebagai bahasa pengantar k omunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
3.2 Memahami fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan perkenalan diri, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2 Menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan dan menanyakan, dan merespon perkenalan diri, dengan sangat pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.

C. Indikator
1. Mampu mengidentifikasi struktur teks dalam perkenalan diri sesuai dengan konteks.
2. Mampu menyebutkan fungsi sosial perkenalan diri sesuai dengan konteks.
3. Mampu mengidentifikasi kosa kata dalam perkenalan diri.
4. Mampu berkomunikasi menggunakan ungkapan perkenalan diri sesuai dengan konteks dengan benar dan lancar.
5. Mampu merespon ungkapan perkenalan diri sesuai dengan konteks dengan benar dan lancar.
6. Mampu menulis ungkapan perkenalan diri sesuai dengan konteks dengan benar.

D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu mengidentifikasi struktur teks dalam ungkapan perkenalan diri sesuai dengan konteks.
2. Siswa mampu menyebutkan fungsi sosial perkenalan diri sesuai dengan konteks.
3. Siswa mampu mengidentifikasi kosa kata dalam ungkapan perkenalan diri.
4. Siswa mampu berkomunikasi menggunakan ungkapan perkenalan diri sesuai dengan konteks.
5. Siswa mampu merespon ungkapan perkenalan diri sesuai dengan konteks.
6. Siswa mampu menulis ungkapan perkenalan diri sesuai dengan konteks.

E. Materi Pembelajaran

1. Fungsi Sosial

Introduction is a way to build interpersonal relationship with the teacher and friends.
2. Struktur teks

Introduction:

Opening
Hello…
Hi class..
Hello everybody…
Good morning…
Good afternoon…
How do you do…
Introducing:
my name is….
I’m …. Years old
I live in ….
my hobby is…
my favorite song is…
asking :
what is your name?
how old are you?
where do you live?
what is your hobby?
what is your favorite song? Response:
hi…
hello…
nice to meet you…
nice to meet you too..
how do you do…

Contoh RPP Bahasa Inggris kurikulum 2013

Opening
3. Linguistic Element ( Unsur Kebahasaan)
• Vocabulary : name, live, and etc
• Sentence Structure
Menggunakan Simple present Tense ( S+V1+O)
Example : My name is ….
I live in….
My hobby is…
My favorite song is…

• Pronounciation
• Stress
• Intonation

E. Metode Pembelajarn
• Pendekatan : Saintific
• Model Pembelajaran : Discovery Based Learning
• Metode Pembelajaran : Communicative Language Teaching

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran:
1. Media : video percakapan tentang materi
2. Alat : Laptop, Lcd, speaker aktif

G. Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan ke 1

Langkah-langkah pembelajaran kegiatan
alokasi waktu

guru
murid
kegiatan pendahuluan • memberikan salam
“hello, good morning students” “ “how are you”

• Memperkenalkan diri kepada murid terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai.
“my name is…”
• Memberikan brainstorming berupa game yang berkaitan dengan materi yang akan diajarkan.
• Guru meminta murid untuk mengikuti game yang disediakan. Dengan tujuan untuk mengetahui nama satu persatu dari muridnya.
• Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
• Menyampainkan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan syllabus. • Menjawab salam guru
“good morning ms, I am fine”
• Murid memperhatikan guru
• Memperhatikan guru.
• murid berantusias mengikuti game.
• Murid memperhatikan guru
• Murid memperhatikan guru
15 menit
Kegiatan inti

Mengamati:
• Guru menayangkan video tentang materi ungkapan perkenalan diri kepada murid
• guru menanyakan kepada murid keterkaitan dari isi video percakapan tersebut dengan materi yang akan diajarkan.
“what do you think about this video?”
• Guru menayakan kepada siswa tentang situasi yang mengharuskan murid untuk memperkenalkan dirinya.
“What is the situation that we should introduce our self?”
• Guru menanyakan kepada murid tentang hal apa yang sering di informasikan tentang dirinya kepada seseorang
“what do usually people inform about themselves to other people?”
• Guru meminta murid menuliskan ungkapan perkenalan diri setelah mereka diperlihatkan video dan mempraktekannya secara lisan “Can you give the example about the introduction yourself!” “and then write down on white board!”

Menanya:
• Guru mengajukan pertanyaan tentang informasi yang tidak dipahami dari ungkapan perkenalan yang telah dicontohkan.
“Have you understood about the material that we have learnt together?”

Mengumpulkan informasi:
• Guru meminta peserta didik untuk berpasangan membuat teks dialog tentang ungkapan perkenalan dir
• murid memperhatikan tayangan
• murid merespon guru
• murid merespon guru
• murid merespon guru
• murid menulis tentang perkenalan diri dan mepraktekan secara lisan.
• murid merespon guru
• murid mendiskusikan ungkapan-ungkapan dalam dialog yang telah mereka dapatkan ketika proses belajar. 75 menit
20 menit
15 menit
40 menit
penutup guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar
“thank you very much for your participation today.
you did a good job. I’m very happy with your activity in this class. How about you? Did you enjoy learning in our class?”
• Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
5 menit

PERTEMUAN 2
langkah-langkah pembelajaran
kegiatan alokasi waktu
guru murid
pendahuluan • mengucapkan salam dan menyiapkan untuk berdoa bersama
• menyiapkan murid untuk mengikuti proses pembelajaran.
• Mengabsen murid
• Memotivasi murid secara konstektual sesuai dengan manfaat pembelajaran teks tentang ungkapan perkenalan diri serta responnya.
• Mengajukan pertanyaan pertanyaan untuk mereview materi sebelumnya.
• Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus. • murid menjawab salam guru

• murid mempersiapkan diri.

10 menit
inti
mengasosiasi:
• guru meminta murid untuk mendiskusikan secara berpasangan untuk maju kedepan kelas.
• Guru memberikan feed back kepada murid
• Murid mediskusikan secara berpasangan maju kedepan kelas untuk mempraktekan dialog tentang ungkapan perkenalan diri beserta responnya
• Murid memperhatikan guru. 70 menit
30 menit
penutup
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran . “ how are feeling now? Are you happy with our lesson today? Ok, you did a good job today, I’m very happy with our activity in this class. How about you? did you enjoy this class today? 5 menit

H. EVALUATION
The evaluation will be held during learning process in the class.

1. Suppose you just have studied in Junior High School. But you don’t know anyone in the class. You want to introduce yourself to one of your classmate in order to know each other. Your friend also wants to introduce himself to you. How is the way to introduce yourself and response it?
 You are going to work in pair!
 Make dialog about introduction.

I. Penilaian Hasil Belajar
Jenis/instrument/rubric
1. Kinerja (praktik)
Melakukan dialog tentang introduction didepan kelas secara langsung secara berpasangan dengan kriteria ketepatan dan kesesuaian dalam menggunakan kalimat-kalimat introduction ourselves.

Kriteria Score 4 Score 3 Score 2 Score 1
Pelafalan/
pronounciation lafal dapat dipahami meski dengan aksen tertentu. ada masalah dengan pengucapan sehingga membuat pendengar harus sangat fokus dan kadang kadang menibulkan kesalahpahaman sulit dimengerti karena ada masalah dalam pelafalan dan frekuensinya sering. hamper selalu salah dalam pelafalan sehingga tidak dapat dimengerti.
tata bahasa hampir tidak ada kekeliruan tata bahasa terjadi beberapa kekeliruan tata bahasa namun tidak berpengaruh terhadap arti. banyak terjadi kekeliruan tata bahasa yang mempengaruhi arti dan sering kali harus menyusun ulang kalimat percakapan tata bahasa sangat buruk sehingga percakapan sulit dipahami.
kosa kata kadang kadang pelafalan tidak tepat dan mengharuskan penjelasan lebih lanjut karena kosa kata yang tidak sesuai sering menggunakan kosa kata yang tidak tepat sehingga dialognya menjadi terbatas karena kosa kata yang terbatas. menggunakan kosa kata yang salah sehingga tidak dapat dipahami. kosa kata sangat terbatas sehingga tidak memungkinkan terjadinya dialog